Brainly Kerjasama Dengan FTTI Unjani Yogyakarta Untuk Mempersempit Kesenjangan Pendidikan di Indonesia

Sleman, Jumat, 7 Februari 2020, Fakultas Teknik & Teknologi Informasi (FTTI) Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Yogyakarta, menerima kunjungan dari Dimas Mukhlas Widiantoro, S.E., S.Kom., M.Sc., Ph. D. cand., Senior Manager Brainly, Inc., Polandia dalam rangka kerjasama untuk meningkatkan skill lulusan mahasiswa, serta peluang kerjasama dalam penelitian dosen-dosen Program Studi yang berada di bawah FTTI Unjani Yogyakarta. Misi besar dari kunjungan dan kerjasama ini adalah sebagai salah satu ikhtiar untuk mempersempit kesenjangan pendidikan di Indonesia. Brainly, Inc., merupakan sebuah perusahaan internasional berlokasi di Kraków, Polandia, yang bergerak di bidang  jejaring pembelajaran berbasis internet. Melalui jejaring pembelajaran ini Brainly berusaha untuk menyebarkan pengetahuan khususnya untuk siswa tingkat SD, SMP dan SMA melalui media pembelajaran online. Brainly Inc bekerjasama dengan FTTI Unjani Yogyakarta untuk mempersiapkan para Teaching Assistans yang akan menjadi katalis pengetahuan antara Brainly dengan para pelajar khususnya di Indonesia.

Mahasiswa FTTI Unjani Yogyakarta dilibatkan dalam program Teaching Assistants Brainly, untuk berkontribusi langsung dalam proses pembelajaran di jejaring pembelajaran sosial milik Brainly, Inc. Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, dari program ini, para mahasiswa yang menjadi Teaching Assistants Brainly juga tetap dapat  belajar dalam perkuliahan dengan baik. Pengalaman mahasiswa bersama Brainly, Inc., sejalan dan sesuai dengan motto FTTI Unjani Yogyakarta sebagai Kampusnya Wirausahawan Teknologi Era Ekonomi Digital.

Pada kunjungan ini, Dimas Mukhlas Widiantoro, S.E., S.Kom., M.Sc., Ph. D. cand., mempunyai tiga agenda utama di FTTI Unjani Yogyakarta, yaitu penandatangan kerjasama antara Brainly, Inc. dengan FTTI Unjani Yogyakarta yang di wakili oleh Dekan FTTI, Arif Himawan,  S.Kom., MM., M.Eng.

Agenda kedua adalah Focus Group Discussion dengan beberapa perwakilan dosen dalam upaya untuk mencari peluang penelitian yang dapat dikerjakan Bersama dengan Brainly, Inc., khususnya dalam hal penelitian data science dan penelitian bidang lainnya, sehingga dengan kerjasama ini akan lebih mendorong para Dosen untuk melakukan lebih banyak penelitian dengan melibatkan mahasiswa, dan mitra dengan orientasi publikasi tingkat internasional.

Agenda yang ketiga adalah Kuliah Umum, yang disampaikan langsung oleh Bapak Dimas Mukhlas Widiantoro, S.E., S.Kom., M.Sc., Ph. D. cand., pada kesempatan ini beliau menyampaikan tentang sejarah dan perkembangan Brainly, Inc. saat ini, yang terus mengajak masyarakat dan khususnya di dunia Pendidikan seperti kampus, untuk berkembang dan maju bersama dalam meningkatkan level Pendidikan melalui jejaring pembelajaran berbasis internet milik Brainly, Inc.