Kunjungan Industri Program Studi Sistem Informasi ke Maula Hijab

Dalam upaya mengenalkan dunia bisnis kepada para mahasiswa, Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik & Teknologi Informasi UNJAYA memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk melihat secara langsung bagaimana proses sebuah bisnis berjalan. Kegiatan kunjungan industri ini dilaksanakan pada hari Kamis (3/6/2021) bertempat di Maula Hijab, Godean, Sleman, Yogyakarta . Maula Hijab merupakan industri yang bergerak di dunia fashion muslim khususnya hijab. Maula Hijab juga merupakan star seller di marketplace Shopee serta LazMall untuk di Lazada.

Pada kunjungan industri ke Maula Hijab, mahasiswa didampingi oleh Bapak Kharisma, S.T., M.Cs. selaku sekretaris Program Studi Sistem Informasi. Saat datang kesana, rombongan disambut langsung oleh owner atau pemilik dari Maula Hijab yaitu Bapak Burhan Alfironi Muktamar, S.Kom., M.Eng. Dalam kesempatan ini beliau bercerita dari awal mula beliau merintis usaha ini bersama istrinya sampai dengan bagaimana usaha beliau bisa sukses seperti sekarang. Kemudian mahasiswa juga melakukan diskusi bersama dengan beliau mengenai usaha / bisnis yang sedang beliau jalankan.

Setelah melakukan diskusi, mahasiswa diajak untuk melaksanakan tur industri yaitu dengan berkeliling di area Maula Hijab untuk melihat bagaimana proses bisnis di sana berjalan. Dimulai dari lantai 2, disana ada tempat untuk menampung stok bahan baku yang disusun sesuai dengan warnanya, selain itu juga terdapat tempat untuk studio foto produk dan live streaming guna mempromosikan produk dan juga sharing seputar produk tersebut. Kemudian untuk di lantai 1 terdapat tempat untuk menaruh produk hijab yang sudah jadi dan siap untuk di jual yang disusun seperti lemari memanjang. Namun ada sesuatu yang unik dari tempat ini yaitu tempat untuk menaruh produk yang sudah jadi dibuat seperti labirin, namun itu dibuat untuk menyusun produk sesuai dengan variasi nya serta supaya memudahkan para karyawan dalam mengambil produk jika terdapat pesanan.

Masih dilantai 1 dibagian depan ada tempat untuk bagian packing barang yang bertugas untuk mengemas barang sesuai dengan pesanan. Di dekat bagian packing juga terdapat keranjang besar tempat untuk menaruh barang yang sudah di packing dan siap diambil oleh jasa pengiriman barang. Selain itu terdapat tempat untuk bagian admin, namun disini memiliki beberapa admin yang dibagi menjadi admin produksi, admin marketplace, dan admin sosial media. Untuk dibagian belakang lantai 1 ini terdapat ruangan untuk produksi hijab yaitu dari proses pemotongan kain sampai dengan proses penjahitan (sewing), lalu ada juga tempat untuk packing produk yaitu melipat hijab yang kemudian dimasukkan ke dalam plastik.

Harapannya kedepan sering diadakan kunjungan industri seperti ini agar mahasiswa lebih memahami dengan melihat langsung proses sebuah bisnis berjalan serta menerapakan apa yang sudah mereka pelajari dari mata kuliah terkait. Selain itu mahasiswa juga diharapkan mendapatkan insight dari apa yang sudah mereka lihat dan mencoba untuk menerapkannya di dunia nyata, hal ini juga sejalan dengan motto FTTI Unjaya sebagai Kampusnya Wirausahawan Teknologi Era Ekonomi Digital serta sesuai dengan tagline Program Studi Sistem Informasi yaitu Cerdas Berbisnis.