Mahasiswa FTTI Melaksanakan Ujian Akhir Mata Kuliah Sekaligus Studi Kasus di Resort Wisata

Dalam mengupayakan peningkatan skill lulusan, program studi Teknologi Informasi Fakultas Teknik & Teknologi Informasi (FTTI) Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Yogyakarta memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengevaluasi sekaligus menerapkan materi yang didapatkan di kuliah, langsung di lapangan. Pada hari Selasa, 14 Januari 2020, sejumlah mahasiswa peserta mata kuliah Jaringan Komputer dan Komunikasi Data yang diampu oleh Arief Ikhwan Wicaksono, S.Kom., M.Cs, melaksanakan ujian mata kuliah dengan studi kasus di resort wisata. Program Studi Teknologi Informasi bekerjasama dengan Khayangan Resort, Sleman, Yogyakarta guna memfasilitasi studi kasus tersebut.

Dosen pengampu mata kuliah menerangkan mekanisme evaluasi di awal waktu ujian

Mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengerjakan studi kasus, dan ditempatkan pada area yang berbeda di dalam resort tersebut. Materi yang diujikan meliputi simulasi dan konfigurasi alat jaringan, baik melalui media kabel (wired) maupun wireless. Setiap kelompok diminta merancang, mengkonfigurasi dan menguji pengaturan jaringan masing-masing dengan alat yang tersedia. Kepada seluruh peserta, diberikan waktu 2 jam untuk menyelesaikan studi kasus tersebut.

Peserta melakukan konfigurasi jaringan sesuai tugas kelompok masing-masing

Ditemui saat acara berlangsung, Manajer Khayangan Resort, Nova Herlambang, menyatakan menyambut baik acara tersebut. Khayangan Resort memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan pendukung akademik, sekaligus memberikan gambaran nyata implementasi teknologi di lapangan, khususnya yang berkaitan dengan teknologi informasi yang dipelajari langsung oleh mahasiswa di bangku kuliah. Kegiatan pendukung akademik tersebut dapat dilakukan oleh pelajar atau mahasiswa tanpa biaya di area resort.

Ketua Program Studi, Chanief Budi Setiawan, S.T., M.Eng., dan Sekretaris Program Studi Teknologi Informasi, Rama Sahtyawan, S.T., M.Cs. turut mendampingi para mahasiswa di Khayangan Resort. Beliau memberikan tanggapan positif atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Metode evaluasi dengan cara studi kasus di lapangan, imbuhnya, diharapkan mampu memberikan pengalaman positif bagi mahasiswa guna menghadapi tantangan lulusan, sesuai perkembangan teknologi yang menuntut skill yang mumpuni sekaligus wawasan technopreneurship. Hal ini sejalan dengan motto Fakultas Teknik & Teknologi Informasi Unjani Yogyakarta sebagai Kampusnya Wirausahawan Teknologi Era Ekonomi Digital.