Membuka Tabir Investigasi Melalui Digital Forensik

Sleman, Himpunan Mahasiswa Manajemen Informatika (HMMI) Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi (FTTI) Unjani Yogyakarta menggelar Seminar Mobile Forensics dengan tema Penegakan Hukum dan Pengembangan Aplikasi Forensik di Era Digital, pada Sabtu (15/02/2020) bertempat di Auditorium Kampus 1 Unjani Yogyakarta.

Seminar dihadiri oleh Ketua Program Studi dan Sekretaris Program Studi D3 Manajemen Informatika serta pembicara dengan latar belakang hukum oleh Niken Wahyuning Retno Mumpuni, S.H., M.H. dan praktisi digital forensic yang juga merupakan Dosen Prodi Teknologi Informasi FTTI Unjani Yogyakarta Dedy Haryadi, S.T., M.Kom. Seminar Mobile Forensics, Penegakan Hukum dan Pengembangan Aplikasi Forensics di Era Digital diikuti 162 peserta yang berasal dari mahasiswa Unjani serta sejumlah universitas dan instansi, diantaranya UNS, UKDW, UTY, Inspektorat dan Diskominfo Yogyakarta.

Alfirna Rizqi Lahitani, S.Kom., M.Eng. selaku Ketua Program Studi Manajemen Informatika, dalam sambutannya sebelum Seminar menyampaikan bahwa seminar ini dapat dijadikan bekal bagi mahasiswa dalam mengambil peran dalam era Revolusi Industri 4.0 dimana internet menjadi penggerak utamanya dan data menjadi kekuatan sentralnya. Pada kesempatan seminar sesi pertama, Niken memaparkan mengenai tantangan kejahatan era digital serta penegakan hukum dan UU ITE. Senada dengan hal tersebut Dedy memaparkan berdasarkan data peluang kejahatan terus meningkat, digital forensik merupakan salah satu upaya menggali informasi melalui perangkat digital dan menjadi alat bukti yang sah tanpa mengurangi kaidah dari aturan dan dapat dipertanggungjawabkan.

Era digital merupakan aktualisasi infrastruktur, ditunjang dengan pesatnya kemajuan teknologi mobile device. Profesi digital forensik menjadi suatu yang menjanjikan di masa depan. Hal ini juga dibahas pada sesi akhir acara sekaligus menjadi wadah diskusi bersama dan demo aplikasi digital forensik, harapannya diskusi menghadirkan inovasi untuk mengembangkan aplikasi digital forensik dalam menghadapi tantangan kejahatan Era digital. Di akhir Seminar kembali ditekankan bahwa dengan segala tantangannya, era digital ini juga memberikan peluang khususnya bagi para pelaku teknologi informasi untuk mengambil peran sebagai problem solver untuk memberikan altenatif solusi bagi banyaknya permasalahan di era digital ini dan ini sesuai dengan motto FTTI Unjani Yogyakarta yaitu Kampusnya Wirausawahan Teknologi Era Ekonomi Digital