Monitoring dan Evaluasi Internal Hibah Penelitian Ristekdikti di FTTI Unjani Yogyakarta

MONEV Internal Hibah Penelitian Ristekdikti — Alhamdulillah kemarin pada tanggal 9 Oktober 2018 telah dilaksanakan agenda monev (monitoring dan evaluasi) internal penerima hibah PDP (Penelitian Dosen Pemula) dan PKPT (Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi). Monev internal ini dirasakan luar biasa berkesan karena reviewer berasal dari eksternal dan bersertifikasi dari UMY.

Tahun 2018 ini FTTI Unjani Yogyakarta mendapatkan 5 judul penelitian dari tujuh judul penelitian yang diajukan dengan rincian, yaitu Empat judul Skema PDP dan satu buah skema PKPT multi-year kerjasama dengan UGM sebagai Tim Peneliti Mitra. Capaian ini menunjukkan peningkatan secara jumlah dari tahun lalu dengan hasil pencapaian yaitu satu judul skema PDP. Jika ditinjau dari sudut pendanaan, juga terjadi peningkatan secara signifikan dengan Jumlah dana hibah ristekdikti yang dikelola P3M FTTI Unjani Yogyakarta tahun lalu yang (hanya) 15 juta menjadi sekitar 125 juta pada tahun 2018 ini. Hal ini adalah salah satu hasil kerja bersama antara dosen dan P3M FTTI Unjani Yogyakarta yang selalu mendorong untuk terus berperan aktif dalam pengajuan proposal di berbagai skema penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Tema penelitian tahun 2018 ini juga berbagai macam antara lain tema informatika kesehatan, jaringan komputer, pengembangan perangkat lunak, E-commerce dan untuk skema PKPT, pengolahan citra mobile. Hal ini tentu saja secara tidak langsung memberikan manfaat bagi peningkatan keilmuan bidang teknologi informasi secara umum dan pada gilirannya akan secara khusus meningkatkan kualitas penelitian di FTTI Unjani Yogyakarta.

Acara ini dihadiri oleh bapak rektor Unjani Yogyakarta Dr. Drs Djoko Susilo, S.T., M.T., Ka. LPPM bu Dr. Tri Sunarsih, SST., M.Kes. Ka. P3M FTTI Pak Adri Priadana. S.Kom., M.Cs. dan reviewer bersertifikasi bapak Slamet Riyadi, S.T, M.Sc, Ph.D.

Banyak sekali manfaat dari kegiatan monev ini. Transfer knowledge dari reviewer kepada awardee dan dari para awardee ke awardee yang lain. Semoga tahun depan akan mendapatkan lebih banyak lagi grantee dari FTTI Unjani Yogyakarta. [AH]

Yakin kita bisa!

Foto : Para penerima hibah penelitian ristekdikti tahun 2018, reviewer (tengah) dan para pejabat LPPM.

Para penerima hibah penelitian ristekdikti tahun 2018, reviewer (tengah) dan para pejabat LPPM
Para penerima hibah penelitian ristekdikti tahun 2018, reviewer (tengah) dan para pejabat LPPM
Foto bersama reviewer - penerima hibah FTTI - dan LPPM UNJANI Yogyakarta
Foto bersama reviewer – penerima hibah FTTI – dan LPPM UNJANI Yogyakarta
presentasi penerima hibah penelitian PKPT oleh Burhan Alfironi Muktamar dan Sari WIajyanti
presentasi penerima hibah penelitian PKPT oleh Burhan Alfironi Muktamar dan Sari WIajyanti
reviewer dan rektor unjani Yk dalam Monev Hibah penelitian 2018
reviewer dan rektor unjani Yk dalam Monev Hibah penelitian 2018