Monitoring Mahasiswa Magang ke MIPATEK AKMIL Magelang

Arif Himawan, S.Kom., M.M., M.Eng. selaku Dekan FTTI UNJANI Yogyakarta beserta para staff melakukan kunjungan ke departemen MIPATEK AKMIL Magelang pada tanggal 5 september 2018 dengan agenda kunjungan kepada 7 mahasiswa magang di Departemen MIPATEK AKMIL Magelang. Perlu kita ketahui bersama bahwa AKMIL Magelang merupakanĀ Perguruan Tinggi Vokasi kedinasan militer yang juga melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan mencetak Perwira TNI Angkatan Darat. Secara struktur organisasi, AKMIL Magelang berada di dalam struktur organisasi TNI AD, yang dipimpin oleh Gubernur Akademi Militer.

Dalam kunjungan ini kami bertemu dengan pembimbing mahasiswa magang yaitu SERKA Rudi Dwi Yanto di laboratorium komputer MIPATEK AKMIL Magelang. Beliau menjelaskan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh para mahasiswa magang yaitu melaksanakan asistensi kepada para taruna ketika melaksanakan praktek di laboratorium komputer MIPATEK AKMIL Magelang, juga mengerjakan 2 aplikasi yang memang sedang dibutuhkan oleh MIPATEK AKMIL Magelang yaitu aplikasi data normatif dan aplikasi BPJS personil. Para mahasiswa juga menceritakan bahwa Kedua aplikasi tersebut dikembangkan dengan menggunakan Delphi dan mySQL dan membagi pekerjaan tersebut menjadi dua kelompok. Aplikasi Daftar Nominatif merupakan aplikasi arsip yang memudahkan personil organik Depmipatek untuk mengelola data dan informasi terkait dengan diri personil agar dapat diakses secara cepat dan akurat dan tepat waktu. Mengingat data harus selalu diperbaharui dalam jangka waktu 1 triwulan. Dalam aplikasi ini terdapat fitur tambah data personil, edit data, simpan data dan hapus data. Terdapat pula catatan riwayat terkait dengan perpindahan tugas personil. Aplikasi ini menghasilkan informasi laporan personil yang dapat di cetak dan di export dalam bentuk dokumen excel sehingga pelaporan data ke pusat tidak memakan waktu yang lama.

SERKA Rudi melanjutkan penjelasannya bahwa waktu pelaksanaan kegiatan magang kurang efektif karena hanya dalam waktu 45 hari saja, karena ketercapaian kegiatan magang akan dapat lebih maksimal jika dilaksanakan 60 hari waktu efektif. Pun begitu, MIPATEK AKMIL Magelang juga melakukan pembinaan pendidikan karakter kepada para mahasiswa magang agar memiliki semangat juang layaknya Jenderal Achmad Yani sewaktu masih mengenyam pendidikan di AKMIL Magelang.

DokumentasiĀ Monitoring Mahasiswa Magang ke MAPITEK AKMIL Magelang

Dekan FTTI UNJANI Yogyakarta, staff, dan mahasiswa magang foto bersama guru militer MIPATEK AKMIL Magelang
Dekan FTTI UNJANI Yogyakarta, staff, dan mahasiswa magang foto bersama guru militer MIPATEK AKMIL Magelang
diskusi bersama KADEPMIPATEK AKMIL Magelang Kolonel Joko Purnomo
diskusi lapangan dengan Guru Militer LetKol Budi Harijanto di MIPATEK AKMIL Magelang
mahasiswa magang di Laboratorium Komputer MIPATEK AKMIL Magelang
mahasiswa magang mendampingi Guru Militer di lab komputer MIPATEK AKMIL Magelang
mahasiswa magang menjadi asisten Guru Militer di lab komputer MIPATEK AKMIL Magelang
mahasiswa magang sedang membuat aplikasi daftar normatif pegawai MIPATEK AKMIL Magelang