Pekan Saya Muda Unjaya 2022

Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta Tahun Akademik 2022/2023 dengan tema Sapa Achmad Yani Muda (Saya Muda) diselenggarakan dikampus 2 dari tanggal 5- 8 September 2022. Kegiatan Saya Muda dilaksanakan secara hybrid baik luring maupun daring dan diikuti oleh kurang lebih 1.200 mahasiswa baru. Adapun yang menjadi tujuan umum kegiatan adalah untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan proses pembelajaran yang pelaksanaannya melibatkan unsur pimpinan universitas, fakultas, mahasiswa dan unsur-unsur lainnya yang terkait.

Kegiatan Saya Muda dibuka lansung oleh Rektor Unjaya Dr. Drs. Djoko Susilo, S.T., M.T., IPU. dan dalam rektor menyampaikan dg adanya kegiatan Saya Muda diharapkan agar mahasiswa kelak akan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global yang mewarisi nilai-nilai kejuangan Jenderal Achmad Yani.

Dalam kegiatan Saya Muda mahasiswa baru banyak diberikan materi-materi yang bertujuan memberikan bekal awal mahasiswa baru diantaranya ;

  1. Sistem pendidikan tinggi di Indonesia & Kuliah Revolusi Industri 4.0 oleh Kepala LL DIKTI Wilayah V DIY, Pemahaman Pancasila sebagai dasar Negara,
  2. Kepemimpinan Masa Kini dan Masa Depan oleh Prof. Dr. Yusuf Ali, S.E. MM (Dosen Universitas Pertahanan).
  3. Bela Negara oleh Dr. Ir. Arief Rahman, MM.
  4. Gerakan Nasional Anti Korupsi oleh Adi Heryadi, S.Psi., M.Psi., Psikolog.
  5. Etika Bersosial Media, Cyber crime & Hoax oleh Ariesta Wibisono Anditya, S.H., M.Kn., M.H.
  6. Pencegahan kekerasan seksual & Bullying oleh Adlia Nur Zhafrina, S.H.,M.H.
  7. Gerakan Mahasiswa Anti Narkoba oleh Kepala BNNP DIY.
  8. Kesadaran lingkungan hidup & Kesiapsiagaan Bencana di PT oleh Kepala BPBD DIY.
  9. Norma Etika & Pembinaan Karakter oleh Arini Mifti Jayanti, S.Psi., M.Psi., Psikolog.
  10. Sejarah Yayasan Kartika Eka Paksi oleh Wakil Ketua Pengurus Yayasan Kartika Eka

Selain itu mahasiswa baru juga menerima penjelasan dari Unit-unit Rektorat diantaranya, Biro Kemahasiswaan, Biro Akademik, perpustakaan dan unit-unit fakultas. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan Saya Muda seluruh mahasiswa baru sudah memiliki gambaran mulai dari input, proses dan output akademi.