Lokakarya Peningkatan Kompetensi Pemanfaatan Database E-Journal dan Penyerahan Sertifikat Akreditasi Jurnal

Lokakarya peningkatan kompetensi pemanfaatan database E-Journal dan penyerahan sertifikat akreditasi jurnal dilaksanakan di fakultas kesehatan Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) Yogyakarta pada hari senin 23 Juli 2018 jam 08.30 WIB. kegiatan dibuka dengan sambutan Rektor UNJANI Yogyakarta Dr. Djoko Susilo, S.T.,M.T. dilanjutkan sambutan dari FPPTI (Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia) DIY oleh Heri Abi Burachman dan FPPTI Pusat oleh Arif Surahman.

Sambutan Rektor UNJANI Yogyakarta di lokakarya peningkatan pemanfaatan database e-journal
Sambutan bapak Rektor di lokakarya peningkatan pemanfaatan database e-journal

Pihak Kemenristekdikti yang diwakili oleh Drs. Lukman memberikan paparan tentang pemanfaatan akses e-Resource kemenristekdikti, “Peningkatan dampak ilmiah publikasi Nasional menjadi prioritas utama bagi kemenristekdikti, oleh karena itu kemenristekdikti memberikan layanan rujukan online Nasional secara full teks lengkap melalui portal GARUDA yang menyediakan konten lebih dari empat ratus lima puluh lima ribu artikel dan lebih dari empat ribu jurnal. GARUDA memiliki fitur browsing, mengindeks, mengabstraksikan, meningkatkan standar ilmiah di Indonesia berdasarkan kategori Buku, Jurnal, Artikel dan penerbit.”

Kemenristekdikti juga menyampaikan bahwa akan selalu mendorong peningkatan kualitas jurnal nasional melalui program kebijakan dan layanan sistem seleksi bernama ARJUNA (akreditasi Jurnal Nasional) dengan kebijakan 5 tahun masa akreditasi, masa akreditasi lebih dari 2 periode dan masuk dalam peringkat akreditasi atau SINTA satu sampai dengan SINTA enam. SINTA merupakan portal yang berisi tentang pengukuran kinerja ilmu pengetahuan dan teknologi yang merupakan tolok ukur kinerja peneliti, penulis, author, kinerja dosen, kinerja jurnal dan kinerja institusi IPTEK. Kegiatan dilanjutkan dengan Penyerahan Sertifikat Akreditasi Jurnal.

Foto Penyerahan Sertifikat akreditasi Jurnal 

Penyerahan sertifikat akreditasi jurnal
Penyerahan sertifikat akreditasi jurnal

Pelatihan atau lokakarya peningkatan kompetensi Pemanfaatan Database E-Journal untuk peserta

Pelatihan atau lokakarya peningkatan kompetensi Pemanfaatan Database E-Journal untuk peserta dibagi dalam tiga tema yaitu:

  1. “Smart Online Research” yang diberikan oleh Dhama Gustian Baskoro
  2. “Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Pengelolaan Karya Ilmiah” disampaikan oleh Vincentius Widya Iswara
  3. Mendeley (Implementasi pemanfaatan Referensi) diberikan oleh Soni Pawoko, M.T.I

Kegiatan Lokakarya peningkatan kompetensi Pemanfaatan Database E-Journal dan Penyerahan Sertifikat Akreditasi Jurnal ditutup oleh Luthfi dari kemenristekdikti.[Py]