Perwakilan Tim Kosabangsa FTTI Unjaya Raih Dua Penghargaan di Seminar Hasil Program Kosabangsa Tahun 2023 di Makassar

Yogyakarta, 4 Maret 2024 – Kegiatan Kosabangsa Tahun 2023 telah sukses dilaksanakan dengan hasil yang membanggakan. Program penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) yang dipimpin oleh Bapak Aris Wahyu Murdiyanto, S.Kom., M.Cs., sebagai Ketua Pelaksana  bersama anggotanya Bapak Ahmad Hanafi, S.T., M.Eng., dan Bapak Ibnu Abdul Rosid, S.T., M.Sc., kegiatan ini telah mencatat sejumlah prestasi yang mengagumkan.

Kosabangsa, sebuah inisiatif yang tidak hanya menggabungkan beragam keterampilan dan pengetahuan dari lintas bidang, tetapi juga mendorong kolaborasi yang kuat antara universitas dan industri. Dalam perjalanannya, Program Kosabangsa Tahun 2023 berupa penerapan Teknologi Smart Village dan Tekno-Ekologi Sistem Tata Air Guna Meningkatkan Ketahanan Pangan Masyarakat Ekstrim Miskin di Banjararum Kalibawang Kulonprogo mendapat dukungan penuh dari tim pendamping yaitu Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

Puncak dari perjalanan Kosabangsa Tahun 2023 ditandai dengan penyelenggaraan Seminar Hasil Program Kosabangsa pada tanggal 26-27 Februari 2024 di Kota Makassar. Acara ini merupakan kolaborasi antara Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (DRTPM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bersama Universitas Bosowa Makassar.

Dalam seminar tersebut, ketua tim pelaksana Kosabangsa Bapak Aris Wahyu Murdiyanto, S.Kom., M.Cs., yang juga merupakan perwakilan dari Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta mendapatkan penghargaan bergengsi. Tim tersebut berhasil meraih dua penghargaan sekaligus, yakni kategori “Youtube Terbaik 1” dan kategori “Pelaksana Terbaik 2”.

Penghargaan ini merupakan bukti konkret dari dedikasi dan kerja keras tim pelaksana Kosabangsa dan juga tim pendamping dalam menghasilkan karya yang bermanfaat dan inovatif. Kosabangsa Tahun 2023 tidak hanya menjadi wadah bagi pengembangan ide-ide kreatif, tetapi juga menjadi sarana untuk menghasilkan solusi yang berdampak positif bagi masyarakat. Semoga keberhasilan ini dapat menjadi pijakan untuk melangkah lebih jauh lagi dalam mewujudkan perubahan yang berarti bagi bangsa dan negara.