Pendampingan Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Daring Kota Magelang Tahun Ajaran 2020/2021

Pada hari Kamis, 29 April 2021, tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dari Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (FTTI Unjaya) melaksanakan kegiatan PkM di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang. Tim PkM yang diketuai oleh Choerun Asnawi, S.Kom., M.Kom., dosen program studi Informatika, menyampaikan materi tentang Sosialisasi Perangkat Lunak Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Daring di Kota Magelang. Kegiatan ini diselenggarakan atas permohonan pendampingan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang terkait dengan agenda PPDB yang akan dilaksanakan dalam dua gelombang, yaitu gelombang I pada tanggal 3-6 Mei 2021 dan Gelombang II pada tanggal 17-18 Mei 2021.

Tim PkM Unjaya sedang memberikan materi sosialisasi Aplikasi PPDB Daring

Acara yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang, Drs. Agus Sujito ini dihadiri oleh para operator dan admin PPDB dari satuan pendidikan TK, SD dan SMP yang ada di wilayah kota Magelang, yang berjumlah kurang lebih 80 orang. Acara sosialisasi PPDB Daring ini merupakan salah satu kegiatan pembuka dari rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh tim dosen yang beranggotakan Ahmad Hanafi, S.T., M.Eng. (program studi Sistem Informasi) dan Dayat Subekti, S.Si., M.Kom. (program studi Informatika). Kegiatan yang berjudul “Pendampingan Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Daring Kota Magelang Tahun Ajaran 2020/2021” ini berwujud pendampingan teknis yang dilaksanakan selama Gelombang I PPDB Daring. Tim pengabdi juga melibatkan beberapa orang mahasiswa FTTI Unjaya dalam pengujian aplikasi sebelum digunakan. Kegiatan ini didukung penuh oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPPM) FTTI Unjaya.

Peserta kegiatan sosialisasi mendengarkan penjelasan tim PkM dengan seksama

Adapun agenda kegiatan pendampingan teknis antara lain sosialisasi kepada operator dan admin aplikasi PPDB Daring, perbaikan dan penambahan fitur aplikasi PPDB daring, pengujian dan implementasi aplikasi. Selain itu kegiatan ini juga memastikan infrastruktur pendukung aplikasi berjalan dengan lancar selama kegiatan PPDB Daring berlangsung. Perbaikan dan penambahan fitur dilakukan karena terdapat beberapa perubahan aturan, dimana satuan pendidikan TK dan juga sekolah swasta juga dilibatkan dalam kegiatan PPDB daring mulai tahun ini. Selain itu, terdapat variabel perangkingan baru, dimana jarak antara rumah tinggal pendaftar dengan lokasi sekolah yang dituju digunakan untuk pembobotan di semua jalur, tidak hanya di jalur zonasi saja. Perubahan paling signifikan dari tahun sebelumnya adalah adanya fitur pengubahan pilihan dan pengubahan jalur yang dapat memberi kesempatan kedua bagi calon siswa yang awalnya sudah tidak diterima di sekolah pilihannya.

Ketua Tim PkM Unjaya sedang Melakukan Pendampingan Teknis di Ruang Server PPDB Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang

Aplikasi PPDB Daring yang beralamatkan di http://ppdb.magelangkota.go.id/ adalah aplikasi yang dimiliki oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang sejak tahun 2008, yang dalam pengembangan dan pemeliharaannya melibatkan tim pengabdi dari FTTI Unjaya. Fitur utama aplikasi berbasis web ini antara lain fasilitas pendaftaran dan login pengguna, pelaporan data peserta dan hasil seleksi, sistem pemeringkatan pendaftar dan fitur pengelolaan dokumen elektronik. Fitur bagi admin dan operator adalah input data pendaftar, verifikasi pendaftar, pemasukan koordinat rumah serta rekap laporan pendaftar pada sekolah yang dikelola. Sebagaimana tahun sebelumnya, aplikasi ini juga memungkinkan calon siswa untuk mendaftar secara daring.

Tampilan laman PPDB daring Kota Magelang

Kegiatan sosialisasi berjalan dengan lancar dengan menerapkan prosedur kesehatan dan diikuti secara antusias oleh semua peserta. Demikian juga dengan kegiatan pendaftaran dan seleksi yang berlangsung selama 4 hari dari tanggal 3 hingga 6 Mei 2021 yang berjalan dengan lancar. Hasil seleksi akhir diumumkan pada hari Sabtu, tanggal 8 Mei 2021. (ah)