Workshop Dosen FTTI Unjani Untuk Menghadapi Era Industri Pendidikan 4.0

Narasumber dan peserta workshop dosen FTTI

Arus globalisasi sudah tidak terbendung masuk ke Indonesia disertai dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Dunia kini memasuki era revolusi industri 4.0, yakni menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, dan lain sebagainya atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation. Menghadapi tantangan tersebut, pengajaran di perguruan tinggi pun dituntut untuk berubah, termasuk dalam menghasilkan dosen berkualitas bagi generasi masa depan.

Tantangan lain yang dihadapi dalam rangka memenuhi kebutuhkan dosen berkualitas adalah menjaring lulusan terbaik perguruan tinggi untuk menjadi dosen. Pasalnya di era revolusi industri 4.0, profesi dosen semakin kompetitif, meliputi (1) Educational Competence, kompetensi berbasis Internet of Things sebagai basic skill di era ini; (2) Competence in research, kompetensi membangun jaringan untuk menumbuhkan ilmu, arah riset, dan terampil mendapatkan hibah international;(3) Competence on Technological Commercialization, punya kompetensi membawa grup dan mahasiswa pada komersialisasi dengan teknologi atas hasil inovasi dan penelitian; (4) Competence in Globalization, dunia tanpa sekat, tidak gagap terhadap berbagai budaya, kompetensi hybrid, yaitu global competence dan keunggulan memecahkan national problem; serta (5) Competence in Future Strategies, di mana dunia mudah berubah dan berjalan cepat, sehingga punya kompetensi memprediksi dengan tepat ada yang akan terjadi di masa depan dan strateginya, dengan cara joint-lecture, joint-research, joint-publication, join-lab, staff mobility.

Suasana workshop dosen FTTI Unjani Yogyakarta

Dari latar belakang tersebut, maka Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi Universitas Jenderal Achmad Yani (FTTI Unjani) Yogyakarta menyelenggarakan workshop dengan tema “How to be an Inspirative and Creative Lecturer”. Workshop ini bermaksud untuk menghasilkan berbagai pemikiran yang Inovatif dan Kreatif terkait dengan permasalahan yang menjadi tema. Workshop ini juga mengantar para dosen FTTI Unjani Yogyakarta agar lebih siap mengantarkan mahasiswanya memasuki era revolusi induatri 4.0.

Pada hari Rabu, 6 Agustus 2019 bertempat di Auditorium Unjani Yogyakarta workshop “How to be an inspirative and creative lecturer” dilaksanakan dengan nara sumber Master Hasan Abdullah Alkaff, S.H, S.Pd., MAP., CI seorang inspirator, motivator dan trainer yang telah malang melintang dalam dunia pendidikan khususnya dalam perubahan mindset pribadi yang pasif menjadi pribadi pembelajar yang aktif dan kreatif.

Dalam sambutan pembukaannya, Dekan FTTI Unjani Yogyakarta Arif Himawan, S.Kom., M.M., M.Eng. menekankan bahwa para dosen FTTI harus dapat menjadi seorang mentor dalam hard skill sekaligus inspirator dan motivator dalam soft skill mahasiswanya sehingga mahasiswa FTTI akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi ketika memasuki dunia kerja khususnya di era revolusi industri 4.0 karena memiliki ketrampilan teknis yang cukup dan kecerdasan emosi yang memadai.