Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Rekayasa Perangkat Lunak dengan Pendampingan Pembelajaran DevOps

“DevOps” (Development and Operations) merupakan kombinasi dari budaya kerja, praktik, dan seperangkat alat untuk meningkatkan kemampuan organisasi dalam pengembangan perangkat lunak. Oleh karena itu, dalam perkembangan teknologi saat ini kita wajib mengetahui setiap fase yang ada didalam “DevOps” tersebut. Dapat diketahui bahwa fase dalam DevOps adalah sebagai berikut:

  1. Plan merupakan perencanaan sebelum programmer mulai menulis kode, mereka membuat rencana untuk menentukan alur kerja pengembangan perangkat lunak.
  2. Code merupakan tahap dimana programmer menambahkan, menyusun atau memperbaiki kode.
  3. Build merupakan proses dimana kode yang sudah ditulis oleh programmer disiapkan untuk dilakukan pengujian.
  4. Test merupakan tahap pengujian dimana tester menguji kode yang ditulis dalam kondisi laboratorium.
  5. Release merupakan tahap penyiapan kode, sebelum kode dilakukan deploy ke dalam repository.
  6. Deploy merupakan proses unggah perubahan kode akan mengubah kode di server sesuai dengan perubahan yang dilakukan pada sisi client.
  7. Operate merupakan tahap dimana operation team melakukan pemeliharaan atas kode yang sudah dilakukan deploy.
  8. Monitor merupakan tahap dimana tim akan memperoleh insight dari perangkat lunak yang sudah di publikasikan secara umum.

Sementara itu, SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta merupakan Sekolah Menengah Kejuruan yang sudah menjalin kerjasama secara langsung dengan FTTI Unjaya. Oleh karena itu untuk mempererat kerjasama ini, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) FTTI Unjaya menyelenggarakan PkM dengan tema “DevOps” untuk mengatasi permasalahan dalam pengembangan software. Tim pengabdian yang terjun secara langsung adalah dari Program Studi Informatika dan Program Studi Sistem Informasi diantaranya: Bapak Puji Winar Cahyo, Bapak Kharisma dan Ibu Ulfi Saidata Aesyi, dengan didampingi beberapa mahasiswa diantaranya Ilham Mulia, Ma’ruf Huriam, Bagas Dwi Santosa dan Nesti Febri Anggraini.

Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ditargetkan untuk seluruh guru Konsentrasi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan dilaksanakan pada 10 Juli 2024. Kegiatan berjalan dengan sukses dan lancar, diawali dari kedatangan tim pengabdian yang disambut oleh Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta yaitu Ibu Widiastuti. Kemudian dilanjutkan penjelasan materi mengenai “DevOps”.

Para peserta sangat antusias dan senang dalam mengikuti program pengabdian ini. Melalui program PkM dan implementasi kerjasama ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi pengabdian dalam bidang pendidikan. Sementara itu, modul pembelajaran yang sudah diberikan kepada guru diharapkan dapat diajarkan kembali kepada siswa, khususnya siswa dengan kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak. (pwc)