Selayang Pandang

Prodi Informatika (S-1) menyelenggarakan program Informatika yang menawarkan keseimbangan antara ketrampilan komunikasi dan pemahaman bisnis dengan kemampuan pengembangan software aplikasi inovatif sebagai solusi yang diperlukan oleh dunia modern bisnis dan administrasi yang berbasis komputer. Kurikulum Informatika meliputi rekayasa software dan business intelligence yang melampaui sistem informasi.

Mahasiswa dipersiapkan untuk mampu memecahkan masalah-masalah yang muncul dalam bidang pengembangan sistem, yaitu mengembangkan dan memanfaatkan sistem TI berbasiskan metode ilmiah dalam kompetensi-kompetensi utama pengembangan software, analisis dan pengembangan sistem, pemodelan proses bisnis, pengembangan dan administrasi database, sistem enterprise, e-business, manajemen informasi, pengujian dan penjaminan mutu software, serta manajemen proyek TI. Pengembangan software sebagai fokus Prodi Informatika (S-1) merupakan program yang berorientasi solusi, bukan berorientasi penjelasan, sehingga lebih fokus pada pengembangan solusi masalah-masalah bisnis yang teramati atau terasumsikan, daripada investigasi terhadap dampaknya.

Target  tersebutakan mengarahkan peserta didik untuk berurusan dengan Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknologi Informasi, dan keharusan untuk memahami domain bisnis, sehingga merupakan applied science yang pendekatannya bermuatan praktis tinggi. Namun karena Prodi Informatika (S-1) adalah program formal akademik, maka standar kompetensi berupa pengetahuan, pemahaman, analisis, desain dan pemodelan sistem menjadi perhatian utama.

Profil Pekerjaan Lulusan

Profile pekerjaan lulusan Informatika sangat bervariasi dan beragam. Seiring dengan semakin semakin bergantungnya kehidupan pada komputer dan sistem komputer, kebutuhan akan perekayasa software yang berkemampuan tinggi semakin meningkat. Nyaris tak terbatas peluang yang tersedia bagi lulusan-lulusan berkualitas.

Lulusan pada umumnya berkerja pada industri komersial, perusahaan pengembang software, maupun instansi pemerintahan sebagai pengembang, penguji, arsitek, maupun disainer software. Terbuka pula peluang untuk menjadi team leader, project manager, maupun posisi executive pada proyek-proyek pengembangan software. Tidak hanya itu, dapat berkontribusi pada lancarnya infrastruktur teknologi informasi pada semua jenis organisasi.Lulusan dapat pula membangun bisnis IT-nya sendiri, mulai dari startup teknologi hingga industri besar.

Visi Program Studi

Menjadi penyelenggara Program Studi Informatika yang unggul dan terdepan dalam bidang rekayasa software Informatika Bisnis tahun 2038

Misi Program Studi

  • Melaksanakan pendidikan dan pengajaran bidang Rekayasa Software yang berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informatika bisnis untuk menghasilkan lulusan berdaya saing global.
  • Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan yang mempunyai kontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang rekayasa software informatika bisnis untuk mendukung kegiatan pendidikan, pengajaran, dan pengabdian pada masyarakat.
  • Melaksanakan pengabdian pada masyarakat yang bersifat pemecahan masalah-masalah masyarakat dan industri, serta yang mampu memperbesar kapasitas dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi bidang rekayasa software informatika bisnis.
  • Melakukan kerjasama dalam dan luar negeri dalam bidang informatika bisnis dan berbagai keilmuan yang mendukung.

Keunggulan Program Studi

  1. Peka Akan Perkembangan Teknologi
  2. Memahami Pemrosesan Informasi pada Komputer
  3. Menciptakan dan Mengembangkan Software
  4. Banyaknya lapangan pekerjaan bagi Lulusan Informatika
  5. Menjadi Jasa Konsultan IT
  6. Infrastruktur yang memadai dan senantiasa mengikuti perkembangan teknologi yang dinamis
  7. Pembelajaran kelas dipadukan dengan e-learning sehingga meningkatkan kemampuan belajar mandiri Mahasiswa
  8. Entrepreneurship Learning : Integrasi ilmu teknik informatika dengan entrepreneurship dalam kurikulum. Kemampuan entrepreneurship (kemampuan melihat kebutuhan, penciptaan peluang dan inovasi) menjadi bagian di setiap mata kuliah yang diajarkan, termasuk pembuatan tugas akhir berupa start up bisnis.
  9. Interactive Learning : Metode pembelajaran berbasis permainan, penyelesaian masalah dan proyek di terapkan dalam perkuliahan agar mahasiswa dapat memahami konsep dan mampu menghasilkan produk yang aplikatif dan relevan.
  10. Mentoring : Program mentoring dan tutorial secara intensif di tiap semesternya dengan tujuan mahasiswa dapat memaksimalkan potensi diri yang di miliki untuk mencapai prestasi maksimal
  11. Research Lab : Di bawah bimbingan dosen, mahasiswa dapat mengeksplorasi ketertarikannya terhadap teknologi terkini dalam ResearchLab.