Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi (FTTI) Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (UNJANI Yogyakarta) adalah perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Didirikan pada 2 Januari 1996 dengan nama Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Kartika Yani, kemudian berubah menjadi STMIK Jenderal Achmad Yani pada tahun 2008.

Pada tahun 2018, STMIK Jenderal Achmad Yani dan STIKES Jenderal Achmad Yani bergabung dan membentuk Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. STMIK Jenderal Achmad Yani kemudian berubah bentuk menjadi Fakultas Teknik & Teknologi Informasi. Dengan visi “Tahun 2025 menjadi Perguruan Tinggi dengan proyeksi menghadilkan lulusan Bidang Teknologi Informasi dan Komputer berkualitas yang unggul”, FTTI Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta telah terbukti mampu meluluskan profesional-profesional bidang komputer/informatika. Mereka telah berkarya nyata dan sukses di berbagai instansi negeri maupun perusahaan swasta. Beberapa keunggulan FTTI UNJANI Yogyakarta adalah:

  1. Gedung terpadu modern dengan fasilitas yang lengkap.
  2. Kurikulum pendidikan yang selalu up-to-date dan fleksibel sesuai dengan perkembangan Teknologi dan Informasi.
  3. Mengajarkan soft skill yang terintegrasi, baik dalam perkuliahan maupun ekstrakurikuler
  4. Mendukung penuh beragam minat dan potensi mahasiswa, baik di bidang penalaran (kelimuan), kesenian, organisasi, keruhanian, dan olah raga.
  5. Biaya pendidikan terjangkau
  6. Menjalin berbagai kerjasama dengan berbagai perusahaan teknologi informasi terkemuka, salah satunya dengan Microsoft Indonesia
  7. Tergabung dengan asosiasi nasional dan internasional seperti perguruan teknologi informasi seperti APTIKOM, IEEE, dan ACM.
  8. Menyelenggarakan magang kerja dengan jaringan luas di berbagai instansi pemerintah, swasta, BUMN maupun dunia industri.
  9. Tersedia layanan beasiswa dari pemerintah dan swasta, a.l. Kementerian Pendidikan (melalui Kopertis wil. Yogyakarta), bank BRI, bank BNI, Pemerintah Prov. DIY, YKEP.
  10. Dipercaya secara luas dalam penyelenggaraan pelatihan dan sertifikasi keahlian bidang Teknologi Informasi bagi pelajar, mahasiswa, anggota TNI, PNS dan masyarakat umum.
  11. Telah meluluskan ribuan lulusan yang diserap dan sukses berkaris di berbagai instansi pemerintah (kementerian, pemerintah daerah, TNI/Polri), perbankan (BRI, BNI, BI, BCA, Bank Mandiri, dll), perusahaan BUMN/swasta (PLN, PT HM Sampoerna, PT Holcim, PT Pindad, Telkomsel, XL Axiata, dll), instansi pendidikan, maupun berwirausaha membuktikan bahwa lulusan FTTI UNJANI Yogyakarta mampu mendidik dan menyiapkan lulusan yang siap kerja.