Developer Festival (DevFest) 2022 terselenggara di Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi Unjaya

Bulan November 2022 merupakan event pertama Google Developer Groups menyelenggarakan acara Developer Festival (DevFest) di Jogjakarta secara Luring, setelah sebelumnya dikarenakan adanya pandemi Covid-19 di tahun 2020 yang memaksa DevFest Jogjakarta terselenggara secara daring. Acara DevFest kali ini berjalan dengan lancar atas kerjasama Google Developer Groups (GDG) dengan Google Developer Student Club Unjaya (GDSC Unjaya) dan bertempat di Kampus 1 Ruang Auditorium Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (Unjaya)

Kegiatan dibuka oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi (FTTI) yaitu Bapak Puji Winar Cahyo, S.Kom., M.Cs. Beliau menjelaskan bahwa FTTI sangat terbuka bagi seluruh akademisi maupun praktisi untuk berkolaborasi mengembangkan ilmu pengetahuan secara bersama, terlebih dengan adanya Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dari Kemendikbudristek yang mendukung mahasiswa maupun dosen untuk dapat belajar dari mana saja. Sementara itu, Materi DevFest dari awal dipandu dan dimoderatori oleh Chaisar Ahmad yang merupakan Senior Operations Partnership dari Tokopedia.

Materi pertama dimulai oleh Google Developer Expert Web Technology yaitu Eka Jayani Ayuningtyas membahas mengenai fungsionalitas Application Programming Interface (API) pada Aksi, Pencahayaan dan Kamera untuk diterapkan pada Web Apps. Sementara itu materi kedua disampaikan oleh Ananda Dwi Rahmawati yang merupakan Cloud Engineer dari PT Btech, membahas mengenai pemanfaatan Deployment Secara otomatis menggunakan GitOps terlebih untuk diterapkan pada Google Cloud.

Materi ketiga disampaikan oleh Giri Kuncoro yang merupakan Technical Lead, Developer Experience dari GoTo Financial. Giri Kuncoro menyampaikan solusi mudah untuk manage service developer platform dengan menggunakan Istio dan Kubernetes. Giri menceritakan bagaimana cara shifting Gopay Engineer mulai dari awal mula masih menggunakan spreadsheet sampai tahap migrasi service secara optimal hingga kondisi saat ini.

Selain itu, materi yang keempat tidak kalah menarik disampaikan oleh Deny Prasetyo (Jasoet) yang merupakan Technical Lead, Stateful Component dari GoTo Financial. Jasoet menyampaikan penggunaan Backend Service pada platform Android menggunakan Kotlin. Materi tidak hanya disampaikan secara lisan akan tetapi juga dikemas dalam bentuk praktik sehingga implementasi yang nyata dapat langsung terlihat.

Kegiatan ini diikuti oleh banyak kalangan, diantaranya para developer, praktisi dan juga mahasiswa dari berbagai kampus di yogyakarta. Sesi diskusipun berlangsung sangat interaktif sehingga acara yang dikemas terlihat sangat menarik dan meriah.