Mikrotik Academy di FTTI Unjani Yogyakarta

Fakultas Teknik & Teknologi Informasi (FTTI) Unjani Yogyakarta menyelenggarakan program Mikrotik Academy, sebuah program hasil kerjasama dengan Mikrotik, sebuah perusahaan produsen alat jaringan, yang berpusat di Latvia, Eropa. Kerjasama ini berbentuk aktivitas pelatihan dan sertifikasi kompetensi Mikrotik Certified Network Associates (MTCNA), bagi mahasiswa di lingkungan FTTI Unjani. Skema kerjasama ini dilakukan mulai awal tahun 2020, dan diharapkan mulai tahun akademik berjalan, proses sertifikasi untuk mahasiswa dapat dilaksanakan.

Sebagai salah satu vendor peralatan jaringan komputer, baik hardware maupun software, Mikrotik telah mendapatkan pasar tersendiri, baik pada level SOHO (Small Office Home Office), hingga level enterprise seperti ISP (Internet Service Provider). Dosen-dosen program studi di FTTI juga telah memiliki sertifikasi keahlian Mikrotik, baik pada level dasar seperti MTCNA, maupun level menengah seperti MTCRE, MTCTCE dan sebagainya.

Sertifikat MTCNA adalah salah satu sertifikat kompetensi yang diakui dan berlaku secara internasional. Dengan keberadaan Mikrotik Academy ini, maka diharapkan semua mahasiswa FTTI yang terkualifikasi dapat mencantumkan sertifikat MTCNA sebagai salah satu kompetensi yang dikuasai pada Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) pada saat diwisuda. Penguasaan skill ini akan menambah portofolio lulusan, sesuai dengan dengan motto Fakultas Teknik & Teknologi Informasi Unjani Yogyakarta sebagai Kampusnya Wirausahawan Teknologi Era Ekonomi Digital.