Pelatihan Pengenalan dan Pemanfaatan Fitur Google, Kerjasama FTTI dan SMP N 4 Samigaluh

Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi melaksanakan kerjasama dengan SMP Negeri 4 Samigaluh untuk kebermanfaatan di dunia pendidikan. Kerjasama diwujudkan dalam penandatanganan nota kesepahaman sekaligus implementasinya berupa kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berupa pelatihan teknologi informasi bagi siswa-siswi SMP Negeri 4 Samigaluh. Rangkaian kegiatan ini dilakukan pada tanggal 25 Mei 2023, bertempat di SMP Negeri 4 Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta.

Penandatanganan MoA FTTI - SMP 4 Samigaluh
Penandatanganan MoA FTTI UNJAYA – SMP 4 Samigaluh

Penandatangan nota kesepahaman kerjasama dilakukan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FTTI, bapak Puji WInar Cahyo, S.Kom., M.Cs. dan Kepala Sekolah SMP N 4 Samigaluh, bapak Agus Sugiarto, M.Pd. Selanjutnya, tim Dosen Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi Unjaya melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan tema “Optimalisasi penggunaan fitur yang disediakan oleh Google”.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini menjadi salah satu wujud pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, Selain itu Pengabdian kepada Masyarakat adalah komitmen dosen untuk memberikan kontribusi yang positif diluar lingkungan kampus. Kegiatan Pengabdian tersebut diketuai oleh Ibu Ulfi Saidata Aesyi, S.Kom., M.Cs. dengan Dosen dan Mahasiswa. Tim dosen terdiri dari bapak Chanief Budi Setiawan, S.T., M.Eng. dari program studi Teknologi Informasi dan bapak Puji Winar Cahyo, S.Kom., M.Cs. dari program studi Informatika. Sedangkan anggota tim mahasiswa adalah Bagas Dwi Santosa (Sistem Informasi), Nesti Febri Anggraeni (Informatika), dan Yerly Ania Saputri (Teknologi Informasi). Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan mengenai beberapa fitur bermanfaat yang disediakan Google dan pelatihan secara langsung.

Salah satu fitur Google yang telah diterapkan adalah Gmail. Gmail merupakan sarana untuk mengirim dan menerima pesan atau surat dan dengan waktu yang singkat, sehingga siswa dapat belajar cara menulis pesan yang jelas, ringkas, dan tepat sasaran. Pengabdian ini juga mengenalkan penggunaan Google Drive kepada para siswa untuk menyimpan, berbagi, dan mengelola berbagai jenis file dan dokumen. Selain itu juga terdapat pengenalan Google Maps yang dapat membantu siswa dalam mencari rute dan pengenalan fitur pengamanan pada Google Account untuk membantu siswa dalam melacak perangkat yang hilang.

Kedatangan Dosen dan Mahasiswa dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SMP N 4 Samigaluh, disambut baik oleh Kepala Sekolah dan para Guru SMP N 4 Samigaluh. Kepala Sekolah SMP N 4 Samigaluh, Bapak Agus Sugiarto, M.Pd. berharap kegiatan seperti ini dapat sering dilakukan agar menambah wawasan siswa seputar teknologi yang mungkin belum didapatkan di dalam pembelajaran di sekolah.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan konsep Pelatihan ini diikuti oleh 63 siswa-siswa kelas VII SMP N 4 Samigaluh yang dilaksanakan 2 sesi. Sebelum mengenalkan fitur-fitur Google, siswa diberi kesempatan untuk mengerjakan pretest yang berguna untuk mengukur kemampuan siswa sebelum masuk ke dalam sesi materi dan praktek. Setelah melakukan pretest, siswa diberikan pengenalan mengenai fitur-fitur yang tersedia di Google dan juga diadakan praktek secara langsung di Laboratorium Komputer SMP N 4 Samigaluh. Kegiatan diakhiri dengan posttest untuk mengukur kemampuan siswa setelah melakukan praktek secara langsung yang didampingi Dosen dan Mahasiswa Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi (FTTI) Unjaya.